Rabu, 04 Oktober 2017

Mengabstraksi Teks Cerpen

Mengabstraksi teks cerpen



Mengabstraksi Teks Cerpen
Mengabstraksi Teks Cerpen




Pengertian abstrak
Abstrak adalah ringkasan, ikhtisar, sinopsis, atau inti buah teks atau karangan. Mengabstrak berarti meringkas, mengikhtisar, membuat sinopsis atau menentukan inti sebuah teks. Mengabstraksi juga berarti memilah bagian yang penting dari yang tidak penting. Bagian yang penting inilah kemudian diambil dan disusun sesuai dengan urutannya.

Dengan demikian mengabstraksi teks cerpen berarti meringkas isi atau menentukan inti cerita sesuai dengan alurnya. Perhatikan kembali kutipan teks cerpen sebelumnya. 
Anda dapat mengabstraksikannya seperti sebagai berikut.

Kirimi Aku Makanan
Di kutip dari Kumpulan Cerpen
Bunga Tabur Terakhir

Karya : GM Sudarta


" Ya Allah, ampunilah dosa hambamu ini! " Oleh kekuatan rasa ingin tahuku, tanpa setahu istriku, Aku laksanakan ritual itu. Beberapa lama tak ada reaksi apa-apa yang datang padaku. Ah, ini pasti perbuatan iseng si Roni! Pikirku.

          Hingga pada suatu sore, sewaktu Aku mengunjungi sahabat di sebuah pesantren di desa Tempuran, agak di luar kota. Ketika melintasi jembatan sungai berpagar tembok di ujung desa, terasa bulu kudukku meremang. Di sepanjang pinggira  sungai penuh pohon pisang sehingga memberi kesan gelap. Pulangnya sehabis magrib, menjelang melintasi jembatan, tiba-tiba saja ada seorang lelaki tua melambaikan tangannya ke arahku. Aku tak tahu dari mana dia muncul. Kupinggirkan sepeda mootrku di samping pagar jembatan.



sekian penjelasan kali ini 😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar